Indonetworkers.com | PT. Carano Integrasi Teknologi https://indonetworkers.com Pusat Training Mikrotik Cisco Juniper Sumatera Mon, 22 Apr 2019 10:04:16 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.2.2 Nasi Padang yang mendunia https://indonetworkers.com/2019/04/22/nasi-padang/ https://indonetworkers.com/2019/04/22/nasi-padang/#respond Mon, 22 Apr 2019 09:47:38 +0000 http://indonetworkers.com/?p=427 Tulisan ini juga terdapat di website kami https://cit.co.id di link berikut ini Masyarakat Minangkabau, Sumatera Barat terkenal dengan budaya merantaunya. karena ada pepatah minang “Karakok Madang Di Hulu, Babuah Babungo Balun, Marantau Bujang Dahulu, Di Rumah Paguno Balun” yang artinya Anak lelaki/anak bujang minang disuruh merantau dahulu, karena belum berguna di kampung tenaganya. di tambah [...]

The post Nasi Padang yang mendunia appeared first on Indonetworkers.com | PT. Carano Integrasi Teknologi.

]]>

Tulisan ini juga terdapat di website kami https://cit.co.id di link berikut ini

Masyarakat Minangkabau, Sumatera Barat terkenal dengan budaya merantaunya. karena ada pepatah minang “Karakok Madang Di Hulu, Babuah Babungo Balun, Marantau Bujang Dahulu, Di Rumah Paguno Balun” yang artinya Anak lelaki/anak bujang minang disuruh merantau dahulu, karena belum berguna di kampung tenaganya. di tambah terkadang di kampung sulit untuk mendapatkan air, sehingga sulit untuk menanam padi dan tanaman lain.

Seorang Pemuda minang biasanya di bekali oleh 2 Kepandaian, kepandaian bela diri atau disebut silek serta kepandaian dalam berdagang. Maka memang orang Padang itu identik dengan pedagang. Nah.. ada juga yang juga dibekali kemampuan memasak maka mereka akan berdagang Nasi (Membangun rumah makan) yang di daerah lain disebut “Nasi Padang”. Tapi jangan berharap akan menemukan rumah makan padang di Sumatera barat, karena di Sumatera Barat tidak ada Rumah Makan Padang, adanya hanya restoran atau rumah makan tanpa ditulis “Padang” nya.

Salah Satu Rumah Makan Padang yang cukup terkenal adalah RM Sederhana. Kisah suksesnya pernah di tulis di https://www.moneysmart.id berikut kisahnya.

Pendiri RM Padang Sederhana adalah H. Bustaman yang lahir Lintau, Kab. Tanah Datar Sumatera Barat pada tahun 1955 (satu Kampung dengan ibu Mufidah Jusuf Kalla) . H. Bustaman cuma lulusan SD, namun harus merantau ke kota lain karena faktor budaya. Laki-laki yang hampir dewasa dipaksa buat merantau untuk mencari ilmu dan pengalaman.

Tujuan pertamanya adalah Jambi. Di sana ia kerja serabutan. Mulai dari kerja di kebun karet, jualan koran, tukang cuci di rumah makan, dan jadi pedagang asongan.

Barulah pada tahun 1970 atau setelah dua tahun menikah, Bustaman memberanikan diri buat merantau ke Jakarta. Bustaman menikah dengan Fatimah dan udah punya anak. Di Jakarta, Bustaman ikut adik iparnya dan tinggal di daerah Matraman, Jakarta Pusat.

Awalnya, Bustaman berdagang rokok di pinggir jalan menggunakan gerobak.

Di sini masalah juga menghampirinya. Di lingkungannya ada keributan antara orang Minang dan preman setempat. Akibatnya, Bustaman dan keluarga harus pindah ke daerah Pejompongan. Saat pindah itu penghasilannya turun drastis.

Kondisi tersebut memaksanya buat mikir gimana cara dapat penghasilan lebih. Kepikiranlah dia buat buka warung makanan aja. Berbekal pengalamannya bekerja sebagai tukang cuci piring di warung makan, Bustaman mencoba menyewa lahan satu kali satu meter dengan harga Rp 3 ribu.

Meski gak bisa masak, Bustaman mencoba buat belajar. Namun ternyata setelah dijalani omzetnya jauh banget dari modal yang dikeluarkan.

Sialnya lagi, hasil dagangan malah dibawa lari oleh pembantu barunya.

Meski sempat gagal, toh Bustaman gak putus aja gitu aja. Dia konsisten berusaha buat mendirikan rumah makan. Dia pun mencari tukang masak yang bisa dipercaya.

Di sinilah titik balik hidup Bustaman. Warungnya laku keras karena makanannya enak banget.

Namun ternyata kesuksesan tersebut harus mengalami cobaan lagi. Warung Bustaman yang saat itu masih berupa gerobak harus diangkut oleh Satpol PP.

Bustaman pun akhirnya membuka warung di lahan yang disediakan oleh pemerintah. Harga beli lapak tersebut Rp 750 per lapak. Namun, satu nama cuma boleh beli satu lapak aja. Padahal, Bustaman butuh dua lapak.

Bustaman pun meminjam nama pamannya. Namun, tantenya malah mengusik kesuksesan warung Bustaman dengan merebut warung tersebut.

Meski demikian, nasib baik tetap berpihak pada Bustaman. Warung yang kemudian dikelola oleh tantenya tersebut gak bisa lebih laris daripada warungnya.

Bustaman pun membeli lapak baru di seberang lapak yang udah dikuasai oleh tantenya. Warungnya laris-manis!

Kisah Bustaman gak berakhir sampai situ aja. Bustaman sempat mengalami musibah lagi saat rumahnya yang berada di Pejompongan terbakar. Yang selamat adalah istri, anak, serta gerobak dagangan miliknya. Bustaman dan keluarga sempat tinggal di rumah pemasok bahan masakannya.

Bustaman gak menyerah. Dia pantang mundur dan memulai lagi dari awal.

Tahun demi tahun berlalu, kini Bustaman udah bisa menikmati hasil jerih payahnya. Bustaman mengembangkan warungnya ke daerah Pasar Bendungan Hilir di tahun 1974. Kemudian, lanjut buka cabang di Roxy Mas.

Kisah pemberian nama Rumah Makan Padang Sederhana sendiri berasal dari nama restoran di Jambi tempat Bustaman bekerja. Nama tersebut dipilih istrinya atas pertimbangan nama “Sederhana” mudah diingat.

Kini, RM Padang Sederhana udah tersebar di seluruh Indonesia dan bahkan sampai ke Malaysia. Bustaman mengembangkan rumah makan ini sendiri maupun menggunakan sistem franchise.

Pada tahun 2000, rumah makan ini punya badan hukum buat mengamankan merek “Sederhana”. RM Padang Sederhana berada di bawah naungan perusahaan bernama PT Sederhana Citra Mandiri. Terdapat 70 restoran yang tersebar di kedua negara tersebut.

Sebagai informasi aja, Rumah Makan Padang Sederhana milik Bustaman adalah yang berlogo rumah Gadang dan terdapat tulisan SA. Ini penting kamu tahu karena cukup banyak rumah makan Padang lain yang sama-sama menggunakan nama Sederhana.

Dari kisah di atas, sebenarnya ada beberapa kunci sukses yang bisa kamu contek saat pengin bangun usaha, lho.

Berikut beberapa pelajaran bisnis yang dimaksud:

1. Gak boleh menyerah meski gak punya skill

Bisnis beda dengan bekerja sebagai karyawan. Meski kamu gak punya keahlian di bidang tertentu, hal tersebut bukanlah penghalang.

Contohnya, kamu gak harus jago masak buat buka restoran. Kamu juga gak harus bisa bikin sesuatu buat dagang. Yang penting kamu punya mitra yang bisa diajak kerja sama dan yang paling penting bisa dipercaya.

2. Cari lokasi yang strategis

Dari kisah di atas, kamu bisa perhatikan bahwa pendiri RM Sederhana tersebut pintar lihat lokasi-lokasi baru.

Misalnya, H. Bustaman langsung mendirikan warung di Pasar Bendungan Hilir yang waktu itu baru dibuka. Kemudian, dia pun lanjutkan ke lokasi Roxy yang emang terkenal ramai.

3. Terus mencoba dan gak menyerah

Sebagai pebisnis, H. Bustaman patut dapat acungan jempol atas kegigihannya buat mencoba dan terus mencoba. Mulai dari kerja serabutan, berdagang rokok, hingga buka warung makanan yang ternyata gagal.

Masalah-masalah  tersebut gak menumpulkan akalnya buat menyerah gitu aja. Dia terus mencoba inovasi baru. Kamu pun demikian. Ketika satu usaha gagal, sebaiknya kamu gak menyerah gitu aja dong. Siapa tahu kesuksesanmu tinggal sejengkal lagi.

4. Pemilihan nama yang tepat ternyata berefek banget

Nama “Sederhana” emang mudah banget buat diingat. Plus, Indonesia banget.

Nah, kamu yang pengin memulai usaha sebaiknya gak mengabaikan pemilihan nama. Pilihlah yang mudah diingat oleh masyarakat dan sesuai dengan target pasar.

5. Gunakan metode waralaba

Beberapa usaha itu cocok diwaralaba. Dengan gitu, penyebaran cabangnya jadi lebih cepat dan lebih ringan.

Kamu gak perlu keluar banyak uang buat menyebarkan usaha kamu ke seluruh penjuru Indonesia dan bahkan negara lainnya. Bermodal nama yang udah sukses, siapa sih yang gak pengin mencicipi manisnya untung dari usaha tersebut?

Gak ada salahnya buat bagi-bagi sama orang lain. Toh, kamu juga dapat keuntungan.

Jadi, tertarik pengin ikuti jejak sukses Rumah Makan Sederhana ini? Atau, kamu malah berminat buat mencicipi legitnya keuntungan bisnis ini dengan jadi mitra mereka? atau mungkin mau training Mikrotik di Padang ke Indonetworkers.com aja ya daftarnya di https://indonetworkers.com/training ya

untuk sumber tulisan terkait kisah suksesnya H. Bustaman dari sini ya

untuk sumber foto dari sini ya

 

The post Nasi Padang yang mendunia appeared first on Indonetworkers.com | PT. Carano Integrasi Teknologi.

]]>
https://indonetworkers.com/2019/04/22/nasi-padang/feed/ 0
Youtube Down https://indonetworkers.com/2018/10/17/youtube-down/ https://indonetworkers.com/2018/10/17/youtube-down/#respond Wed, 17 Oct 2018 02:06:51 +0000 http://indonetworkers.com/?p=256 youtube down in indonesia on wednesday october 17, 2018 in indonesia..but after we check not only down in indonesia but also in some country, until now we still not get information why this is happen?   update: 9.39 A.M Indonesia Westren Time youtube is Up again..   🙂

The post Youtube Down appeared first on Indonetworkers.com | PT. Carano Integrasi Teknologi.

]]>
youtube down in indonesia on wednesday october 17, 2018 in indonesia..but after we check not only down in indonesia but also in some country, until now we still not get information why this is happen?

 

update:

9.39 A.M Indonesia Westren Time youtube is Up again..

 

🙂

The post Youtube Down appeared first on Indonetworkers.com | PT. Carano Integrasi Teknologi.

]]>
https://indonetworkers.com/2018/10/17/youtube-down/feed/ 0
Kid Control Mikrotik RouterOS https://indonetworkers.com/2018/06/03/kid-control-mikrotik-routeros/ https://indonetworkers.com/2018/06/03/kid-control-mikrotik-routeros/#respond Sun, 03 Jun 2018 15:34:16 +0000 http://indonetworkers.com/?p=247 jika kita ngeliat change log dari realese Mikrotik RouterOS 6.42 yang release pada  20 April 2018 maka kita akan menemukan ada fitur baru di mikrotik routerOS yaitu kid control yang dapat di akses di /ip kid-control . merujuk pada wiki Mikrotik di https://wiki.mikrotik.com/wiki/Manual:Kid-control maka fitur ini merupakan fitur untuk melimit koneksi untuk perangkat LAN. Pada [...]

The post Kid Control Mikrotik RouterOS appeared first on Indonetworkers.com | PT. Carano Integrasi Teknologi.

]]>
jika kita ngeliat change log dari realese Mikrotik RouterOS 6.42 yang release pada  20 April 2018 maka kita akan menemukan ada fitur baru di mikrotik routerOS yaitu kid control yang dapat di akses di /ip kid-control . merujuk pada wiki Mikrotik di https://wiki.mikrotik.com/wiki/Manual:Kid-control maka fitur ini merupakan fitur untuk melimit koneksi untuk perangkat LAN. Pada Menu ini memungkinkan kita untuk membuat profil untuk setiap anak dan memberikan batasan akses internetnya.

Jadi cara kerja nya seperti ini :

1. kita tambahkan nama dari anak lalu menentukan kapan dia di beri akses internet, selain waktu itu maka internet nya akan non aktif tentukan waktunya dari hari minggu sampai sabtu.

2. kita bisa menentukan rate limit dan berapa lama rate limit ini di aktifkan ketika internet aktif terhadap profile tersebut (harus di konfigurasi secara bersama)

contoh :

kita akan membatasi akses HP seorang anak bernama peter dengan ketentuan :

1. Disable internet access pada hari senin, selasa, rabu dan jumat

2. izinkan internet pada :

– kamis dari 11:00 – 22:00

– sabtu dari 18.30-21:00

– minggu 15:00-22:00

– bandwidth di limit 3 Mbps untuk HP peter pada kamis dari jam 20:45-22:00 (hari ke empat karena di mulai dari hari senin)

konfigurasi nya adalah sebagai berikut :

[admin@MikroTik] > /ip kid-control add name=Peter mon=”” tue=”” wed=”” thu=”11:00-22:00″ fri=”” sat=”18:30-22:00″ sun=”15:00-21:00″ rate-limit=3M time-rate-limited=4d20:45:00-4d22:00:00

[admin@MikroTik] > /ip kid-control device add name=Mobile-phone user=Peter mac-address=FF:FF:FF:ED:83:63

Kekurangan nya fitur ini melimit per perangkat (pake mac address) , artinya kalau si anak gak punya perangkat smartphone dan memakai perangkat orang tuanya, otomatis orang tua ngaktifkan menu ini pas anak nya memakai HP nya, dan ini di set manual via terminal/winbox.. agak ngerepotkan sih..

The post Kid Control Mikrotik RouterOS appeared first on Indonetworkers.com | PT. Carano Integrasi Teknologi.

]]>
https://indonetworkers.com/2018/06/03/kid-control-mikrotik-routeros/feed/ 0
Cara membuat Django running secara permanent https://indonetworkers.com/2018/04/05/cara-membuat-django-running-secara-permanent/ https://indonetworkers.com/2018/04/05/cara-membuat-django-running-secara-permanent/#respond Thu, 05 Apr 2018 08:07:31 +0000 http://indonetworkers.com/?p=239 Install aplikasi Screen terlebih dahulu pada linux kita Jika centos/RHEL : yum install screen Jika Ubuntu/Debian : apt-get install screen 2. Ikuti langkah berikut [user@host]$screen [user@host]$python manage.py runserver 0.0.0.0:8000 Sekarang pencet tombol Ctrl+A lalu pencet tombol d  untuk keluar dari screen. 3. untuk masuk kembali kedalam screen bisa menggunakan perintah : screen -r dan untuk keluar  kembali pencet [...]

The post Cara membuat Django running secara permanent appeared first on Indonetworkers.com | PT. Carano Integrasi Teknologi.

]]>
  • Install aplikasi Screen terlebih dahulu pada linux kita
  • Jika centos/RHEL : yum install screen

    Jika Ubuntu/Debian : apt-get install screen

    2. Ikuti langkah berikut

    [user@host]$screen
    [user@host]$python manage.py runserver 0.0.0.0:8000

    Sekarang pencet tombol Ctrl+A lalu pencet tombol d  untuk keluar dari screen.

    3. untuk masuk kembali kedalam screen bisa menggunakan perintah : screen -r dan untuk keluar  kembali pencet tombol Ctrl+A lalu pencet tombol d  untuk keluar dari screen.

    The post Cara membuat Django running secara permanent appeared first on Indonetworkers.com | PT. Carano Integrasi Teknologi.

    ]]>
    https://indonetworkers.com/2018/04/05/cara-membuat-django-running-secara-permanent/feed/ 0
    Save Mikrotik RouterOS log to file with Python https://indonetworkers.com/2018/03/20/save-mikrotik-routeros-log-to-file-with-python/ https://indonetworkers.com/2018/03/20/save-mikrotik-routeros-log-to-file-with-python/#respond Tue, 20 Mar 2018 16:09:24 +0000 http://indonetworkers.com/?p=235 Cerita nya kita mau save log nya router Mikrotik nya kita ke sebuah file menggunakan python pastikan pyton sudah terinstall tentunya (tidak dijelaskan disini..googling aja..:-) ) Sekarang buatlah file berikut : import paramiko import time import sys class Logger(object): def __init__(self, filename=”Default.log”): self.terminal = sys.stdout self.log = open(filename, “a”) def write(self, message): self.terminal.write(message) self.log.write(message) ip [...]

    The post Save Mikrotik RouterOS log to file with Python appeared first on Indonetworkers.com | PT. Carano Integrasi Teknologi.

    ]]>
    Cerita nya kita mau save log nya router Mikrotik nya kita ke sebuah file menggunakan python

    1. pastikan pyton sudah terinstall tentunya (tidak dijelaskan disini..googling aja..:-) )
    2. Sekarang buatlah file berikut :

    import paramiko
    import time
    import sys

    class Logger(object):
    def __init__(self, filename=”Default.log”):
    self.terminal = sys.stdout
    self.log = open(filename, “a”)

    def write(self, message):
    self.terminal.write(message)
    self.log.write(message)

    ip = ‘ip-router-here’
    username = ‘username-route-here’
    password = ‘password-router-here’
    port=22 #sesuaikan dengan port ssh yang ada di ip > service
    remote_conn_pre = paramiko.SSHClient()
    print(‘successfuly configured the SSH client’)

    # print remote_conn_pre

    remote_conn_pre.set_missing_host_key_policy(paramiko.AutoAddPolicy())

    remote_conn_pre.connect(ip, username=username, password=password, port=port)

    remote_conn = remote_conn_pre.invoke_shell()
    outpt = remote_conn.recv(65535) # read as much as you can.
    stdin,stdout,stderr = remote_conn_pre.exec_command(‘\n’)

    time.sleep(1)

    stdin,stdout,stderr = remote_conn_pre.exec_command(‘/log print’)
    sys.stdout = Logger(“/Users/macbookpro/Desktop/log-router.txt”)
    print stdout.read()

    3. Simpan dengan nama yang kita suka dengan extension .py (penting!: jangan simpan dengan nama paramiko.py)

    4. lalu jalankan via terminal laptop : python [nama-file].py dan perhatikan hasilnya serta file yang dibuat.

     

    #saya menggunakan python yang terinstall di macOS

     

    The post Save Mikrotik RouterOS log to file with Python appeared first on Indonetworkers.com | PT. Carano Integrasi Teknologi.

    ]]>
    https://indonetworkers.com/2018/03/20/save-mikrotik-routeros-log-to-file-with-python/feed/ 0
    Wireless Mikrotik https://indonetworkers.com/2017/11/30/wireless-mikrotik/ https://indonetworkers.com/2017/11/30/wireless-mikrotik/#respond Thu, 30 Nov 2017 15:18:34 +0000 http://indonetworkers.com/?p=230       Signal semakin mendekati nol semakin baik berarti -20 lebih baik dari -80 satuannya dBm a. Excellent (green): -57 to -10 dBm (75 – 100%) b. Good (green): -75 to -58 dBm (40 – 74%) c. Fair (yellow): -85 to -76 dBm (20 – 39%) d. Poor (red): -95 to -86 dBm (0 [...]

    The post Wireless Mikrotik appeared first on Indonetworkers.com | PT. Carano Integrasi Teknologi.

    ]]>
     

     

     

    Signal

    • semakin mendekati nol semakin baik berarti -20 lebih baik dari -80 satuannya dBm

    a. Excellent (green): -57 to -10 dBm (75 – 100%)
    b. Good (green): -75 to -58 dBm (40 – 74%)
    c. Fair (yellow): -85 to -76 dBm (20 – 39%)
    d. Poor (red): -95 to -86 dBm (0 – 19%)

    Noise

    • semakin jauh dari nol maka semakin baik (-92 adalah baik , -18 adalah buruk, dan -70 adalah buruk)

    SNR

    • Semakin besar semakin baik , rumusnya adalah SNR = Signal – Noise  satuannya dB

    contoh : 20 itu baik, 1 itu sangat buruk

    a. > 40dB SNR = Excellent signal (5 bars), Cepat terkoneksi, troughput maksimal dan stabil.
    b. 25dB – 40dB SNR = Very good signal (3 – 4 bars), Terkoneksi baik, throughput maksimal.
    c. 15dB – 25dB SNR = Low signal (2 bars), Terkoneksi baik, throughput tidak maksimal.
    d. 10dB – 15dB SNR = very low signal (1 bar), koneksi tidak terlalu stabil, throughput rendah.
    e. 5dB – 10dB SNR = no signal, koneksi sangat tidak stabil, throughput sangat rendah.

    Client Connection Quality (CCQ)

    • adalah nilai dalam persen yang menunjukkan efektifitas bandwidth yang digunakan terhadap bandwidth maksimum yang tersedia secara teoritis. semakin mendekati 100% semakin baik

    The post Wireless Mikrotik appeared first on Indonetworkers.com | PT. Carano Integrasi Teknologi.

    ]]>
    https://indonetworkers.com/2017/11/30/wireless-mikrotik/feed/ 0
    [Solved] IPv6 prefered IPv4 in browser https://indonetworkers.com/2017/11/01/solved-ipv6-prefered-ipv4-in-browser/ https://indonetworkers.com/2017/11/01/solved-ipv6-prefered-ipv4-in-browser/#respond Wed, 01 Nov 2017 04:03:22 +0000 http://indonetworkers.com/?p=210 Ketika kita mengaktifkan Dual Stack pada router kita di rumah atau di kantor misalnya. maka secara default ketika kita mengakses sebuah website yang memiliki 2 buah IP yang aktif, yaitu IPv4 dan IPv6 maka si browser secara default akan mengakses IPv6 dari website tersebut. Hal ini tentu akan menjadi masalah ketika traffic IPv6 kita merupakan [...]

    The post [Solved] IPv6 prefered IPv4 in browser appeared first on Indonetworkers.com | PT. Carano Integrasi Teknologi.

    ]]>
    Ketika kita mengaktifkan Dual Stack pada router kita di rumah atau di kantor misalnya. maka secara default ketika kita mengakses sebuah website yang memiliki 2 buah IP yang aktif, yaitu IPv4 dan IPv6 maka si browser secara default akan mengakses IPv6 dari website tersebut.
    IPv6_facebook

    Hal ini tentu akan menjadi masalah ketika traffic IPv6 kita merupakan unmanaged Traffic. untuk mengatasi hal ini ternyata konfigurasi yang kita lakukan bukan di router kita atau di web server (jika kita adalah pemilik website) namun hal ini kita lakukan di sisi kita sebagai client.

    Pada Contoh kali ini saya menggunakan Browser Mozilla Firefox. dan sudah mengaktifkan add ons “ShowIP” pada Mozilla Firefox nya. jika belum silahkan install terlebih dahulu

    Langkah-Langkah nya adalah sebagai berikut :

        1. Ketik about:config di address bar Mozilla Firefox anda , Kemudian klik “I accept the risk!”
          about_config
        2.  ketikan di kolom pencarian disana “ipv6” seperti gambar berikut, kemudian klik kanan pada network.dns.disableIPv6network_dns_disable
        3. klik toggle sehingga value dari default nya false menjadi true toggle true
        4. Langkah terakhir silahkan clear cache anda clear_cache
        5. Silahkan akses kembali website tersebut misal nya facebook, dan perhatikan ip address nya
          ipv4_facebook
        6. Namun jika ingin membuka website IPv6 masih dapat dilakukan dengan format http://[ip address versi 6 nya ] contoh : http://[2001:470:1:1b9::31]/

    Demikian..Semoga Bermanfaat cara sederhana ini..

    🙂

     

    The post [Solved] IPv6 prefered IPv4 in browser appeared first on Indonetworkers.com | PT. Carano Integrasi Teknologi.

    ]]>
    https://indonetworkers.com/2017/11/01/solved-ipv6-prefered-ipv4-in-browser/feed/ 0
    IPv6 BGP Routing Filters Mikrotik RouterOS https://indonetworkers.com/2017/07/15/ipv6-bgp-routing-filters-mikrotik-routeros/ https://indonetworkers.com/2017/07/15/ipv6-bgp-routing-filters-mikrotik-routeros/#respond Sat, 15 Jul 2017 09:28:46 +0000 http://indonetworkers.com/?p=192 IPv6 BGP Routing Filters Mikrotik RouterOS   /routing filter add chain=ipv6-ebgp-relaxed action=reject prefix=3ffe::/16 prefix-length=0-128 add chain=ipv6-ebgp-relaxed action=reject prefix=2001:db8::/32 prefix-length=0-128 add chain=ipv6-ebgp-relaxed action=accept prefix=2001::/32 add chain=ipv6-ebgp-relaxed action=reject prefix=2001::/32 prefix-length=0-128 add chain=ipv6-ebgp-relaxed action=accept prefix=2002::/16 add chain=ipv6-ebgp-relaxed action=reject prefix=2002::/16 prefix-length=0-128 add chain=ipv6-ebgp-relaxed action=reject prefix=0000::/8 prefix-length=0-128 add chain=ipv6-ebgp-relaxed action=reject prefix=fe00::/9 prefix-length=0-128 add chain=ipv6-ebgp-relaxed action=reject prefix=ff00::/8 prefix-length=0-128 add chain=ipv6-ebgp-relaxed action=accept [...]

    The post IPv6 BGP Routing Filters Mikrotik RouterOS appeared first on Indonetworkers.com | PT. Carano Integrasi Teknologi.

    ]]>
    IPv6 BGP Routing Filters Mikrotik RouterOS

     

    /routing filter
    add chain=ipv6-ebgp-relaxed action=reject prefix=3ffe::/16 prefix-length=0-128
    add chain=ipv6-ebgp-relaxed action=reject prefix=2001:db8::/32 prefix-length=0-128
    add chain=ipv6-ebgp-relaxed action=accept prefix=2001::/32
    add chain=ipv6-ebgp-relaxed action=reject prefix=2001::/32 prefix-length=0-128
    add chain=ipv6-ebgp-relaxed action=accept prefix=2002::/16
    add chain=ipv6-ebgp-relaxed action=reject prefix=2002::/16 prefix-length=0-128
    add chain=ipv6-ebgp-relaxed action=reject prefix=0000::/8 prefix-length=0-128
    add chain=ipv6-ebgp-relaxed action=reject prefix=fe00::/9 prefix-length=0-128
    add chain=ipv6-ebgp-relaxed action=reject prefix=ff00::/8 prefix-length=0-128
    add chain=ipv6-ebgp-relaxed action=accept prefix=2000::/3 prefix-length=0-48
    add chain=ipv6-ebgp-relaxed action=reject prefix=0::/0 prefix-length=0-128

    The post IPv6 BGP Routing Filters Mikrotik RouterOS appeared first on Indonetworkers.com | PT. Carano Integrasi Teknologi.

    ]]>
    https://indonetworkers.com/2017/07/15/ipv6-bgp-routing-filters-mikrotik-routeros/feed/ 0
    Kenapa Alokasi sebuah Prefix /64 IPv6 itu tidak boros dan perlu? https://indonetworkers.com/2017/06/04/kenapa-alokasi-sebuah-64-ipv6-itu-tidak-boros-dan-perlu/ https://indonetworkers.com/2017/06/04/kenapa-alokasi-sebuah-64-ipv6-itu-tidak-boros-dan-perlu/#respond Sun, 04 Jun 2017 22:45:59 +0000 http://indonetworkers.com/?p=173 Kenapa Alokasi sebuah subnet prefix /64 IPv6 itu tidak boros dan perlu? berikut penjelasannya Kesederhanaan Satu masalah terbesar untuk adopsi IPv6 adalah kompleksitas yang dirasakan. Oleh karena itu, untuk membantu orang bermigrasi ke IPv6 maka penting untuk membuatnya sesederhana mungkin. Ini termasuk hal yang harus dilakukan oleh Internet Service Provider (ISP) terutama bagi pengguna rumahan [...]

    The post Kenapa Alokasi sebuah Prefix /64 IPv6 itu tidak boros dan perlu? appeared first on Indonetworkers.com | PT. Carano Integrasi Teknologi.

    ]]>
    Kenapa Alokasi sebuah subnet prefix /64 IPv6 itu tidak boros dan perlu? berikut penjelasannya

    Kesederhanaan

    Satu masalah terbesar untuk adopsi IPv6 adalah kompleksitas yang dirasakan. Oleh karena itu, untuk membantu orang bermigrasi ke IPv6 maka penting untuk membuatnya sesederhana mungkin. Ini termasuk hal yang harus dilakukan oleh Internet Service Provider (ISP) terutama bagi pengguna rumahan yang tidak ingin belajar apa-apa. Oleh karena itu, untuk membuat migrasi yang sederhana, subnet mask yang konsisten membuat adopsi menjadi lebih mudah.

    Route Summarisation

    Kemampuan perangkat jaringan untuk menghandle tabel routing IPv6 mungkin terbatas. Misalnya, meskipun beberapa router menyatakan dukungan untuk IPv6, mereka mungkin melakukannya hanya secara software saja, dan untuk jumlah route yang terbatas. IPv6 route  mengkonsumsi empat kali memori lebih dari IPv4 route & mungkin saja kita belum akan mengupgrade router. Oleh karena itu penggunaan prefix / 64 membuatnya menjadi lebih baik karena dengan summarisation lebih dipahami serta lebih mudah untuk menyebarkan summarisation.

    breaking IPv6

    Sederhananya, penggunaan prefix kurang dari / 64 akan menghentikan banyak fitur dari IPv6 dan akan memerlukan pekerjaan manual untuk menyelesaikan, yang paling tidak nyaman dari Neighbour Discovery dan akan membutuhkan konfigurasi manual neighbor (seperti Inverse ARP dari IPv4)  kecuali perangkat jaringan memiliki fitur untuk sebaliknya .

    Berikut ini diambil dari RFC 5375 –
    IPv6 Unicast Address Assignment consideration

    Menggunakan prefix subnet lebih panjang dari / 64 maakan menghentikan banyak fitur dari IPv6, antara lain Neighbor Discovery (ND), Secure Neighborship Discovery (SEND) [RFC3971 ], privacy extensions [ RFC4941 ], part of Mobile IPv6 [ RFC4866 ], PIM-SM with Embedded-RP [ RFC3956], dan SHIM6 [ SHIM6 ]. Sejumlah fitur lain yang saat ini dalam pengembangan, atau sedang diusulkan, juga mengandalkan prefix subnet / 64.

    Namun demikian, banyaknya implementasi IPv6 tidak menghalangi administrator untuk mengkonfigurasi prefix subnet lebih pendek atau lebih panjang dari 64 bit. namun ,menggunakan subnet prefiks lebih pendek dari / 64 akan sangat jarang digunakan; lihat Lampiran B.1 untuk pembahasan.

    Beberapa administrator jaringan telah menggunakan prefiks lebih dari / 64 untuk link yang menghubungkan antar router, biasanya hanya dua router pada link point-to-point. Pada link di mana semua alamat dikonfigurasi manual, dan semua node pada link adalah router (bukan host) yang diketahui semuanya oleh administrator jaringan.

    Dan lampiran B1:

    B.1. Pertimbangan untuk Subnet Prefix Lebih pendek dari / 64

    Alokasi prefix lebih pendek dari  64 bit untuk node atau interface dianggap praktik buruk. Satu pengecualian untuk pernyataan ini adalah ketika menggunakan teknologi 6to4 yang mana prefix / 16 digunakan untuk pseudo-interface [RFC3056]. Subnet prefix terpendek yang secara teoritis dapat ditugaskan untuk sebuah interface atau node dibatasi oleh ukuran network prefix yang dialokasikan untuk organisasi.

    Sebuah alasan yang mungkin untuk memilih prefix subnet untuk sebuah interface lebih pendek dari / 64 adalah bahwa hal itu akan memungkinkan lebih banyak node harus terpasang ke interface yang dibandingkan dengan panjang yang ditentukan pada 64 bit (Tapi masa’ iya sih? /64 itu saja sudah sebanyak 18,446,744,073,709,551,616 .. hehehe). Selanjutnya, bit ketujuh dari kiri, atau bit universal / local (U / L), yang kalau nilai 0 berarti adalah alamat local sedangkan kalau bernilai 1 maka merupakan global (EUI-64) tidak dapat digunakan jika menggunakan Prefix kurang dari /64.

    lebih lanjut bisa di baca di Sini

    The post Kenapa Alokasi sebuah Prefix /64 IPv6 itu tidak boros dan perlu? appeared first on Indonetworkers.com | PT. Carano Integrasi Teknologi.

    ]]>
    https://indonetworkers.com/2017/06/04/kenapa-alokasi-sebuah-64-ipv6-itu-tidak-boros-dan-perlu/feed/ 0
    How to Understand Regular Expression https://indonetworkers.com/2017/01/19/how-to-understand-regular-expression/ https://indonetworkers.com/2017/01/19/how-to-understand-regular-expression/#respond Thu, 19 Jan 2017 04:09:26 +0000 http://indonetworkers.com/?p=168 Paling enak memahami regex atau Regular Expression menggunakan bahasa pemrograman, kali ini saya mencoba menggunakan bahasa pemrograman PHP 😀 Karakter Awal Untuk mencari pola “berawalan suatu string”, maka regex yang digunakan adalah karakter caping “^”. Contohnya, apakah string berawalan “abc” maka regex-nya adalah sebagai berikut. 1 2 3 4 5 6 7 8 <?php $string [...]

    The post How to Understand Regular Expression appeared first on Indonetworkers.com | PT. Carano Integrasi Teknologi.

    ]]>
    Paling enak memahami regex atau Regular Expression menggunakan bahasa pemrograman, kali ini saya mencoba menggunakan bahasa pemrograman PHP 😀

    Karakter Awal
    Untuk mencari pola “berawalan suatu string”, maka regex yang digunakan adalah karakter caping “^”. Contohnya, apakah string berawalan “abc” maka regex-nya adalah sebagai berikut.

    1
    2
    3
    4
    5
    6
    7
    8
    <?php
    $string = 'abcdefghijk';
    if(preg_match("/^abc/", $string)) {
      echo 'String berawalan abc';
    } else {
      echo 'Tidak berawalan abc';
    }
    ?>
    

    Tanda caping yang diikuti karakter abc berarti bahwa string harus berawalan dengan abc. Sedangkan tanda slash berikutnya menandakan bahwa karakter setelahnya tidak perlu dihiraukan.

    Titik
    Titik juga merupakan karakter meta yang berarti akan mengembalikan nilai true untuk semua karakter selain line break (\r dan \n), namun hanya satu karakter. Contohnya adalah sebagai berikut.

    1
    2
    3
    4
    5
    6
    7
    8
    <?php
    $string = 'helo hilo h lo hxlo hbelo';
    if(preg_match_all("/h.lo/", $string, $match)) {
    foreach($match[0] as $m) {
    echo $m . '<br />';
    }
    }
    ?>
    

    Program tersebut akan mencetak kata “helo”, “hilo”, “h lo”, dan “hxlo”, tanpa kata terakhir. Untuk memasukkan line break dalam aturan, Anda harus memberikan flag “\s” di akhir regex, sama seperti cara penulisan case insensitive.

    Bintang dan Tambah
    Tanda bintang “*” dan tambah “+” memiliki arti yang hampir sama. Dalam regex, tanda bintang diletakkan setelah sebuah karakter, yang artinya karakter tersebut dapat ada nol atau lebih perulangan yang diharapkan dalam pola. Sedangkan untuk tanda tambah, itu berarti harus ada satu atau lebih (tidak boleh nol) karakter yang ditulis dalam aturan. Misalkan, dalam contoh program berikut.

     1
     2
     3
     4
     5
     6
     7
     8
     9
    10
    11
    <?php
    $string = array('rby', 'ruby', 'ruuuby');
    foreach($string as $s) {
    if(preg_match("/ru*by/", $s)) {
    echo 'Match ru*by '.$s.'<br />';
    }
    if(preg_match("/ru+by/", $s)) {
    echo 'Match ru+by '.$s.'<br />';
    }
    }
    ?>
    

    Program tersebut akan menghasilkan output:
    Match ru*by rby
    Match ru*by ruby
    Match ru+by ruby
    Match ru*by ruuuby
    Match ru+by ruuuby
    Terlihat jelas bahwa string pertama (rby) tidak akan diterima oleh regex tanda tambah, melainkan hanya tanda bintang. Tanda tambah setelah huruf u berarti bahwa minimal ada satu huruf u.

    Karakter Akhir
    Berikutnya adalah mencari string dengan akhir berupa pola tertentu. Untuk mencari pola di akhir sebuah string, ada 2 cara. Cara pertama adalah menggunakan tanda dolar “$”. Namun cara ini memiliki sebuah celah kecil untuk timbul suatu bug dalam program Anda jika tidak digunakan secara benar. Sebab tanda dolar memasukkan endline “\n” ke dalam pola yang dicari, sehingga bila mencari pola “xyz” dalam string “abcxyz” dan “abcxyz\n” akan menghasilkan nilai yang sama-sama benar.
    Untuk tidak memasukkan endline dalam pola, Anda bisa menggunakan regex backslash z “\z”. Contoh penggunaannya sebagai berikut.

    1
    2
    3
    4
    5
    6
    7
    8
    <?php
    $string = 'abc123xyz';
    if(preg_match("/xyz\z/i", $string)) {
    echo 'Pola berakhiran xyz ditemukan';
    } else {
    echo 'Pola tidak ditemukan';
    }
    ?>
    

    Ingat kembali bahwa “/i” hanya menandakan bahwa regex tersebut case insensitive. Karakter awal dari string juga tidak akan dihiraukan selama string tersebut memiliki akhiran yang sesuai.

    Sumber : http://bisakomputer.com/tutorial-php-pengenalan-dasar-dasar-regex/

    The post How to Understand Regular Expression appeared first on Indonetworkers.com | PT. Carano Integrasi Teknologi.

    ]]>
    https://indonetworkers.com/2017/01/19/how-to-understand-regular-expression/feed/ 0